27 Feb 2012

Resume MPTI

Resume kuliah tamu pada hari jumat 24 februari dari Dosen I Putu Artama Wiguna, Ir, MT, PhD yaitu Dosen Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan kemarin memberikan kuliah tu yang berharga pada Mata kuliah Manajemen Proyek Teknologi Informasi, dari kuliah tamu yang di berikan oleh beliau berupa PMBok ( Project Management Body of Knowledge) dimana PMBok ini adalah panduan dalam melakukan proses manajemen proyek yang ada atau sebagai standard yang di ikuti pada waktu kita akan melakukan proyek manajemen. Proses terdiri dari

· Inputs ( dokumen, rencana, desain dll.)
· Tools and techniques ( cara kerja dalam memasukan input)
· Outputs( bisa document, product atau hasil dari inputs tersebut)

PMBOK ( Project Management Body of Knowledge) merupakan konsep manajemen bisa dipakai dimana – mana karena cakupannya sangat luas sehingga bisa di terapkan di mana saja. Bisa berlaku Vertical ( CEO, Direktur, Manager dll.) dan Horizontal ( Dosen, peneliti, kontraktor, owner dll.)

Tujuan PMBOK sendiri adalah untuk mengidentifikasi bahwa subset manajemen proyek pengetahuan yang umum untuk mencapai best practice. PMBOK sendiri terbagi dengan Interpersonal skill, understanding the project environtment, general management knowledge & skills, application area knowledge, standard, regulations.

Proyek ada 2 yaitu jail project dan sipil project bisa berupa poyek TI maupun Non-TI. Dari 2 jenis proyek tersebut itu terdapat contoh – contohnya juga yaitu proyek TI berupa SIMDEPAG (sistem departemen negeri), PSB online, situs pemerintah yang berupa e-government. Untuk contoh Proyek non-TI adalah jembatan suramadu, apartemen , mall, jalan tol.

Sehingga bisa di simpulkan proyek manajemen yaitu penerapan dari pengetahuan, ketrampilan, tools dan teknik pada aktifitas proyek untuk memenuhi kebutuhan stakeholders dan untuk mencapai sasaran proyek. Sasaran proyek itu adalah :
· Scope (ruang lingkup)
· Time (waktu)
· Cost (Biaya)
· Quality (kualitas)

Kualitas sendiri juga di pengaruhi oleh 3 faktor yaitu berupa :
· Scope goal
Cost goal
· Time goal

Ada 5 faktor yang menjadi dasar dari 9 pengetahuan dalam manajemen proyej yaitu :
· Inisiasi
· Planning
· Executing
· Monitoring dan controlling
· Closing (penyerahaan dari kontraktor kepada owner)



Dan 9 pengetahuan manajemen proyek tersebut adalah :
Project Integration Management
Project Scope Management
Project Time Management
Project Cost Management
Project Quality Management
Project Human Resource Management
Project Communications Management
Project risk Management
Project Procurement Management

Dispure adalah perbedaan persepsi seorang kontraktor dan persepsi owner dimana bila pada waktu pembuatan proyek tidak sama tujuannya. Untuk mengatasi permasalaha tersebut maka harus di lakukan koordinasi yang berkala agar dalam pembuatan tidak ada miss komunikasi.

Maka dari itu manajemen proyek harus di lakukan dengan cara Lifecycle. Lifecycle terdiri dari concept, design, implement dan hand over.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;