29 Des 2010

Manajemen Waktu


  • POHON DAN BURUNG.

Dalam permainan ini kami membentuk lingkaran besar dan melakukan permainan yang bernama pohon dan burung. Dimana ada dua orang yang berperan sebagai pohon untuk tempat tinggal si burung. Dalam permainan ini kita diharapkan fokus sehingga diharapakan kita dalam mengikuti mata kuliah ini fokus dan serius, disamping fokus kita juga diharapkan menjaga konsentrasi. Tanpa konsetrasi yang kuat maka fokus tidak akan tercapai. Permainan ini juga melatih kita untuk bermain sportif dengan mengakui jika tidak sesuai dengan peraturan. Dan bertanggung jawab atas dirinyas sendiri sebelum menyuruh orang lain untuk bertanggung jawab.

  • PASIR WAKTU.

Dalam games ini kami diperuntukan dalam memilah – milah dimana kegiatan utama harus diutamakan terlebih dahulu daripada kegiatan sampingan. Disamping itu kita juga harus jeli mana yang harus benar – benar didahulukan sehingga sekiranya yang tidak utama tidak usah dilakukan terlebih dahulu. Dalam hal ini kita juga dituntut dalam mengatur waktu, masing – masing orang mempunyai cara yang berbeda dalam mengatur waktu mereka apakah mereka menulis dalam bentuk list atau kah sudah terjadwal seperti dulu sekolah.

  • MANAJEMEN WAKTU.

Dalam hal ini kami diberi kertas dimana kita mengisi dan memilah – milah apa saja yang termasuk kegiatan yang penting dan darurat. Dalam pembuatan jadawal ini kita terbiasa terjadwal dan tidak akan lupa tentang kegiatan sehari – hari apa yang kita inginkan. Kadang kita sudah menjadwalkan dengan baik tapi kemudian kita ada masalh tertentu sehinnga jadawal yang seharusnya kita kerjakan gagal total. Itu karena manajemen waktu yang kurang baik dan pemilihan kegiatan yang tidak sesuai dengan ketentuan. Sehingga setelah kita menuliskan jadwal maka kita belajar agar kita tidak menunda – nunda pekerjaan yg bila akhirnya ditunda akan membuat kita kewalahan sendiri itulah guna daftar list kegiatan yang akan kita jalani.

  • REFLEKSI.

Melatih diri kita dalam membagi waktu seefisien mungkin sehingga kita dapat menilai apakah diri kita termsuk dalam orang yang pintar dalam membagi waktu ataukah orang yang kurang bisa dalam membagi waktu. Dengan adanya penilaian ini jadi kita tau bagaiamana kah cara mengatur waktu yang baik itu.

  • MELODI WAKTU.

Dalam permainan yang terakhir ini kita dikumpulkan menjadi satu dalam renungan. Dalam renungan ini kita diingatkan bahwa waktu tidak dapat berputar kembali sehingga sebisa mungkin kita harus memanfaatkan waktu dengan kegiatan yang bermakna dan mempunyai hasil yang akan kita banggakan kelak. Dalam hal ini kita dilebihkan dalam intropeksi diri sendiri apakah kita sudah melakukan sesuai dengan tujuan kita ataukah belum. Dalam hal ini kita juga tidak boleh menyia – yiakan waktu karena waktu itu sangat berharga. Semoga apa yang kita inginkan tercapai esok hari kelak dan sesuai dengan harapan kita masing – masing… Amieenn…

0 komentar:

Posting Komentar

 
;