3 Jan 2011

Membangun Minat Membaca

.
Salah Satu langkah penting dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan menimbulkan minat membaca terlebih dahulu, dan ini paling efektif jika dimulai sejak kecil. Namun, kenyataannya hal itu tidaklah mudah. Mental anak dan lingkungan keluarga atau masyarakat ternyata masih kurang mendukung. Orang kota sulit untuk membangun minat baca pada anak mereka karena mereka terkena oleh serbuan media informasi dan hiburan elektronik
Sementara di desa, anak lebih suka keluyuran bermain dengan teman – temannya daripada membaca. Sehingga budaya membaca tersebut kurang di minati oleh anak – anak tersebut. Dan sebaliknya pada orang tua tidak peka juga terhadap anaknya. Orang tua lebih suka merumpi atau melihat televisi. Banyak kasus yang saya temui ( meskipun terdapat dalam keluarga saya juga ).
Orang tua menyuruh anaknya belajar atau mengerjakan sesuatu yang ada hubungannya dengan sekolah salah satunya membaca. Nah, kebanyakan dari mereka hanya menyuruh saja tetapi tidak memberi contoh yang baik, ini beresiko terhadap para anak kecil yang pada umumnya lebih menangkap atau menirukan hal yang sama seperti yang orang tua mereka lakukan. 
Padahal dengan banyak membaca merupakan hal yang P.I.M ( periculum in mora ) atau bahasa indonesianya berbahaya bila ditunda karena semakin tua seseorang maka akan sulit sekali dalam melakukannya dan dari membaca kita dapat mengetahui kualitas seseorang. Karena hakikat membaca adalah perubahan mental, cara pandang, sikap, atau perilaku, dan dengan membaca kita dapat mengetahui dunia. Tugas orang tua adalah bagaimana membuat lingkungan rumah dengan penuh bahan bacaan.
Sayangnya minat membca masyarakat Indonesia memang masih jauh tertinggal di banding Negara – Negara maju. Bahkan rendahnya minat membaca juga terjadi di kalangan masyarakat  berpendidikan tinggi. Kenapa???  Nah itu adalah tugas kita bagaimana cara merubah dengan sumber daya yang ada sehingga masyarakat Indonesia tidak tertinggal  budaya membaca mereka dengan Negara – Negara kita.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;