29 Des 2010

GeMasTik 2010

Perkembangan teknologi dan informasi saat ini adalah hal yang paling pesat di tengah kebutuhan dan rutinitas penggunannya. Seolah menghipnotis para pengguna dengan berbagai layanan dan fitur menarik, setiap industri menawarkan produknya dengan memburu hingga pelosok nusantara. Tidak hanya dalam bentuk media searah,namun paket multimedia interaktifyang merupakan integrasi dari berbagai jenis media , baik audio maupun video juga di tawarkan dengan sangat apik. Kreativitas industri hiburan pun semakin dipersaingkan.
Tidak  kalah heboh , potensi seperti  ini sangat bermanfaat secara positif dalam perkembangan industri  teknologi game yang dewasa ini telah berfungsi sebagai media edutainment, suatu mediayang mengabungkan antara unsure edukasi (education) dan hiburan (entertainment).
Game petualangan adalah salah satu game paling menarik yang di gemari berbagai kalangan. Contohnya yaitu game “ Misteri Diamond Black” menampilkan berbagai karakter menarik, di harapkan para pengguna game edukasi ini dapat lebih mudah untuk mempelajari materi pembelajaran yang di anggap susah yaitu Fisika dan Matematika.
Tujuan dari Game “ Misteri Diamond Black “ adalah          :

1.   Menanamkan kecintaan dan pemahaman terhadap matematika dan fisika melalui pembuatan EduGame yang bertema petualangan dengan matematika dan fisika .

2.     Mendukung program mencerdaskan kehidupan berbangsa .

3.     Memajukan teknologi game Indonesia.

4.    Menjadikan Indonesia sebagai game developer berskala internasional.

Game ini di tujukan untuk tingkat SMA Karena peminat lebih banyak dari kalangan SMA IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam). Karena permasalahan – permasalahan yang menggunakan prinsip Fisika di bahas waktu kelas XI dan XII yang tidak didapatkan pada peminatan IPS.

Disamping  Game dalam GeMasTIK Kali Ini terdapat juga Lomba Desain Web dan Aplikasi.
Beberapa contoh hasil karya anak bangsa  dalam Aplikasi yaitu             :

·         Kamus Untuk Tunanetra

Kamus yang umumnya banyak ditemui di pasaran adalah kamusyang hanya memuat tulisan atau teks saja. Bagi penyandang tunanetra, kamus semacam ini tidak mungkin untuk di gunakan. Mereka membutuhkan kamus khusus, yakni kamus dengan format Braille. Penggunaan kamus dalam format huruf Braille ini pun tidak bisa di lakukan secara maksimal. Berdasarkan hal tersebut dicoba di buat sebuah solusi, yakni berupa pembuatan aplikasi kamus dengan memanfaatkan suatu system TTS (Text to Speech). TTS ini mampu mengkonversi  teks menjadi ucapan sesuai denganpembaccan teks dan bahasa yang di gunakan. Dengan pemanfaatan TTS ini, di harapkan dapat membantu penyandang  tunanetra dalam  melakukan penerjemahan suatu kata. Kesimpulan dari Aplikasi ini adalah :

1.       Aplikasi kamus ini dapat di gunakan sebagai salah satu media alternatif.kususnya penyandang  tunanetra dalam mengartikan suatu kata, karena dalam aplikasi ini tidak hanya berisi teks, tetapi sudah di lengkapi dengan suara atau cara pengucapan untuk kata yang di maksud.
2.       Minimum spesifikasi computer yang di butuhkan untuk dapat menjalankan aplikasi ini, yaitu intel Pentium III 1.2 Ghz, Harddisk 1 Gb,RAM 512 MB, Sistem operasi Microsoft Windows XP dan Speaker.

·         Pelepah Online

Pada Waktu tahun ajaran baru sering kali banyak sekolah yang sibuk mengurus  jadwal pelajaran karena terbatasnya waktu. Sehingga sekolah harus pandai-pandai mengatur jadwal tersebut agar  terbentur atau persamaan jam tetapi beda kelas. Maka untuk mengatasi hal tersebut terdapat aplikasi yang memudahkan pengaturan jadwal tersebut, yatiu dengan mengunakan Pelepah Online. Caranya mudah cukup                :

1.       Daftar.
Setiap sekolah cukup mendaftarkan data sekolahnya di Pelepah Online untuk dapat menggunakan fasilitaspembuat jadwal otomatis ini,

2.       Isi Data.
Setelah melakukan pendaftaran, sekolah dapat mengisi data yang di butuhkan untuk menyusun jadwal .

3.       Buat jadwal.
Setelah semua jadwal lengkap terisi, cukup dengan klik tombol Buat jadwal maka Pelepah Online akan menyusun jadwal dari data tersebut dalam waktu kurang dari 5 menit.

4.       Sesuaikan & Pakai.
Ya jadwal pelajaran sudah jadi!! Silahkan menggunakan jadwal tersebut. Atau ingin menukar beberapa jadwal? Tentu bisa!
Sering kali dalam penyusunan jadwal beberapa guru memesan jadwal tertentu atau ingin menukar jadwal dengan guru lain. Di Pelepah Online ini dapat dilakukan perubahan dengan fitur dengan drag and replace.

Cukup dengan mendaftarkan sekolahnya di Pelepah Online untuk mendapatkan dan menggunakan fasilitas jadwal otomatis ini.


0 komentar:

Posting Komentar

 
;