26 Nov 2010

Cara Mudah Untuk Menulis

Pada waktu mengatakan tidak bisa menulis dan diam saja, maka selamanya tidak akan bisa menulis. Langkah pertama agar bisa menulis ialah mulailah menulis.

Saya bingung mau menulis apa?

OK, bagi yang belum biasa menulis, memulai sebuah tulisan adalah sesuatu yang berat. Namun ini harus dilakukan jika ingin bisa menulis maka harus dimulai dengan menulis.

Untuk latihan, tidak perlu menulis sesuatu yang baru. Serius. Cobalah menulis dengan cara mencontek tulisan orang lain dulu. Betul, cari tulisan orang lain dan ditambahi dengan pendapat kita sendiri sehingga tidak hanya "Copy-Paste" saja.

Terlihat sederhana tetapi ini adalah trik ampuh agar mau memulai menulis. Setelah mencoba menulis ulang tulisan orang lain secara berulang-ulang maka otak dan tubuh Anda sudah mulai terbiasa menulis.

"Terbiasa Menulis" adalah pintu gerbang menuju dunia tulis menulis. Inilah langkah awal yang akan membuat menjadi penulis handal. Ini adalah langkah sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Maka tidak ada alasan untuk tidak melakukan hal ini, sebab langkah ini mudah dan membawa manfaat yang besar.

Carilah bahan-bahan tulisan dari berbagai sumber, seperti majalah, buku, artikel di internet, koran, dan sebagainya. Carilah tulisan yang menarik dan tulis ulang.

Menulis ulang bukan hanya agar Anda pandai menulis, tetapi manfaat lainnya Anda akan menyerap ilmu dari bacaan yang Anda baca menjadi lebih baik. Ini juga akan menjadi bekal bagi Anda supaya menjadi penulis handal.

Latihan ini adalah suatu pembiasaan atau membentuk pola kebiasaan baru bagi otak dan tubuh. Kebiasaan akan memberikan kekuatan luar biasa untuk kemampuan. Jika ada orang yang mengatakan "bisa karena biasa".

Padahal saat mulai belajar hal ini sangat sulit. Tetapi karena saat ini sudah terbiasa, maka semuanya menjadi mudah.

Intinya ialah, biasakan menulis. Apa pun isi tulisan, pokoknya biasakan dulu menulis. Jika tidak mau membiasakan diri menulis, jangan mimpi ingin menjadi penulis.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;